Selasa, 22 Juli 2008

Mendengarkan

Ketika saya mengalami kesulitan berkenaan dengan kehidupan ini, tak ada tempat lain yang saya ajak bicara melainkan seorang sahabat. Hanya ada segelintir sahabat yang saya miliki, selebihnya adalah teman. Ketika kepala mumet memikirkan sesuatu hal, baik itu mengenai pekerjaan, keluarga atau yang lainnya. Saya akan mengontak sahabat saya ini untuk sekedar ngobrol saja untuk sharing mengenai kehidupan. Pernah saya kesulitan dalam hal pekerjaan dan ia hanya mendengarkan, kemudian mendengarkan, selanjutnya mendengarkan dan akhirnya sedikit menjawab, “Memang kadang terdapat pekerjaan yang sulit, namun jalannya adalah dikerjakan saja”, ujarnya. Jawaban yang sebenarnya sudah saya ketahui tanpa harus bertanya. Namun dengan jawaban tersebut saya merasa lebih tenang dan siap untuk melangkah lagi. Dan ternyata saya sedikit menangkap pelajaran dari hal ini, bahwa ketika terdapat teman kita yang mengalami kesulitan atau masalah atau apapun, kita dapat membantu dengan hanya mendengarkan dengan empati.

Tidak ada komentar: